Salam Kami

doa rabithah

doa rabithah

HADAPILAH...SHOUTUL HARAKAH

Selasa, 12 Februari 2013

Butterfly Effect

Assalamu’alaikum wr. wb.



Sejauh apa sih kebaikan yang kita lakukan berpengaruh sama dunia, Sob? Ceu ilah, Nida kok pertanyaannya jadi ala filosop gini yak? Hehehe. Mungkin kita masih malas berbuat baik karena merasa apa yang kita lakukan itu nothing. Masih sering kan, kita mikirnya kalo ngasih infaq recehan ke pengemis, jadi temen curhat karib yang lagi galau, atau minjemin buku ke rumah baca itu gak kan ngaruh apa-apa. Apalagi lihat kondisi masyarakat yang jauh dari nilai-nilai kebaikan. Korupsi di mana-mana, ekonomi segini-gini aja, masalah sepakbola pun gak kunjung reda. Hadeuh, remaja kayak kita ngelakukan apapun kayaknya gak kan ngubah apa-apa deh. Tapi, apa betul seperti itu, Sob?



“Dan apakah mereka tidak memperhatikan kerajaan langit dan bumi dan segala sesuatu yang diciptakan Allah Swt?”(QS. al-A’rāf: 185)

Banyak banget ayat Al-Quran yang ngajak kita buat memperhatikan alam ini ya, Sob. Percaya atau nggak, jawaban apakah kebaikan kecil kita bisa ngubah dunia atau nggak, bisa digali dengan memperhatikan kondisi alam sekitar. Enelan!

Ada yang pernah dengar Butterfly Effect atau Efek Kupu-Kupu, Sob? Satu penelitian kalo kepakan sayap kupu-kupu di hutan belantara Brazil bisa bikin tornado di Texas.  Wihhhh, sekilas istilah yang jadi landasan “Chaos Theory” ini emang absurd banget. Tapi ternyata, teori yang ditemukan sama Edward Norton Lorenz ini udah jadi pakem buat model ramalan cuaca. Kalo gak percaya tanya deh sama peneliti yang gawe di BMKG. Ciyusss!

Di tahun 1961, pas lagi ramalan cuaca (bukan ramalan bintang), doi nyetak hasil hitungannya di atas kertas pake format enam angka di belakang koma (...,506127). Terus buat hemat waktu en kertas, doi cuma masukin tiga angka di belakang koma (...,506) en cetakan berikutnya diulangi pada kertas sama yang sudah berisi hasil cetakan tadi. Sejam kemudian, doi kaget bukan main karena hasilnya beda banget. (http://id.wikipedia.org/wiki/Efek_kupu-kupu)

Akhirnya lahir deh istilah Butterfly effect tadi, Sob. Gila nggak, kondisi awal beda 0,000001 aja bisa jadi kesalahan fatal banget yang bikin bencana di masa depan.

Sobat Nida, nyatanya Butterfly Effect ini gak cuma bisa dipake buat ramal cuaca doang loh. Pemikiran ini ternyata nyambung juga kalo kita pake di kehidupan sehari-hari. Bayangin cuma gara-gara kepakan sayap kupu-kupu di Brazil bisa bikin tornado di Texas. Jadi sebenarnya kalo kita melakukan kebajikan kecil banget gak kecil aja, efeknya bakalan ngaruh besar sama dunia ini. Jadi jangan minder bin males ngelakuin kebajikan, ya, Sob.

Nah supaya kita semangat bikin kebajikan kecil buat perubahan besar, Nida mau kasih beberapa tips yang oke punya nih. Cekidot!

1.      Berani lakukan kebenaran

Beuhhh, tips pertama dari Nida ini kok kesannya nyeremin banget yak. Hehehe. Tapi jujur, kita masih sering takut ngelakuin kebenaran di tengah lingkungan yang negatif, kan? Contoh kecil nih, di saat teman-teman nyontek ujian, buat jujur otomatis kita butuh keberanian kan, Sob? Kadang pikiran jahat di otak ini ngasih sejuta alasan supaya kita ikutan arus.

“Ah, yang lain juga pada nyontek, masa gue nggak?”

“Ngapain jujur kalau nilai ulangan lebih kecil dari yang nyontek?”

Dan, masih banyak lagi deh alasan lainnya. So, yang namanya keberanian ya mutlak harus ada di diri ini, Sob. Nggak masalah orang lain bilang kita sok suci. Daripada mereka sok kotor kebawa arus negatif lingkungan. Ocreng?

2.      Small is wonderful

Kebaikan kecil yang kita lakukan itu indah banget, Sob. Suer! Gak usah minder kalau kita bukan orang penting atau gak punya level sebesar tokoh masyarakat. Walaupun peran kita kecil, tapi seperti halnya kepakan sayap kupu-kupu itu, dengan perbuatan baik yang kita lakukan, insha Allah bisa jadi magnet kuat yang narik orang-orang baik buat berjuang sama-sama bikin kebaikan. Aamiin.

3.      Tulus karena Allah

Perubahan yang kita lakukan gak kan kuat kalo niatnya juga kurang mantap, Sob. So, sejak awal niat bikin kebaikan ya musti karena Allah. Dengan niat yang tulus, insha Allah kita gak kan gampang minder atau males melakukan kebajikan, gak peduli sekecil apapun itu.

Semoga beberapa tips ini bisa kita lakukan sama-sama ya, Sob. Percaya deh, remaja kayak kita yang penuh semangat melakukan kebajikan ini, gak ubahnya kupu-kupu yang dengan kepakan sayapnya bakal bikin tornado kebajikan di negeri ini. Aamiin.