Salam Kami

doa rabithah

doa rabithah

HADAPILAH...SHOUTUL HARAKAH

Jumat, 05 Agustus 2011

Seri Fiqih: Wanita Haid Masih Boleh Membaca Al Qur’an

Sebagai umat muslim, seharusnya kita sadar bahwa setiap perbuatan dan perkataan kita akan dipertangungjawabkan di hadapan Allah Subhana Wa Ta’ala kelak. Oleh karena itu Setiap apa yang kita kerjakan, kita nasihatkan, bisa itu menyangkut Dien (agama) harus mempunya dasar yang kuat, yaitu Al Qu’an dan Al Hadits. Bukan asal bicara menuruti hawa nafsunya lebih-lebih hanya ikut-ikutan, atau nasihat turun temurun yang belum tentu benarnya. Pada pembahasan kali ini, kami akan mencoba mengulas tentang haid. Disini lebih kami tekankan pada hukum-hukum, larangan, dan hal yang boleh dilakukan wanita ketika haid. Berikut pertanyaan-pertanyaan yang kadang muncul di tengah masyarakat.

......

[+/-] Selengkapnya...

Fidyah dan beberapa hal yang Terkait dengannya

Oleh: Buletin Al-Ilmu Jember
Di antara syari’at yang diberlakukan oleh Allah subhanahu wata’ala pada shaum Ramadhan adalah pembayaran fidyah yang Allah wajibkan terhadap pihak-pihak tertentu yang mendapatkan keringanan untuk tidak bershaum pada bulan Ramadhan, sebagaimana firman-Nya subhanahu wata’ala :
وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ (البقرة: ١٨٤)
‘Dan wajib atas orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak bershaum) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin.” [Al-Baqarah : 184]

......

[+/-] Selengkapnya...

Tuntunan Berpuasa Bagi Wanita

Oleh: Asy-Syaikh Shâlih bin Fauzân Al-Fauzân hafizhahullâh
Berpuasa di bulan Ramadhan adalah wajib atas setiap muslim dan muslimah. Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam dan salah satu kerangka bangunan Islam. Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ. [البقرة: ١٨٣]
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa.” (Al-Baqarah: 183)

......

[+/-] Selengkapnya...

Kamis, 04 Agustus 2011

"Tetapkan Tujuan Hidup"

Ditulis oleh: Anne Ahira


"Without goals, and plans to reach them, you are
like a ship that sail with no destination" -- 
                               (Fritzhugh Dodson)

Itulah perumpamaan bagi orang yang tidak punya tujuan dalam hidupnya. Banyak orang melakoni perannya, tapi tidak tahu arah hidup yang ingin ditujunya. Mereka-reka hidupadalah apa yang kemudian dilakukannya.

......

[+/-] Selengkapnya...

Rabu, 03 Agustus 2011

Fiqh Shiyam 2

dakwatuna.com - Ini adalah kelanjutan dari materi sebelumnya yang telah membahas: Tafsir Suarat Al Baqarah Ayat 183-187, Ta’rif Shiyam dan Masyru’iyyahnya, Syarat-syarat shiyam, dan Furudhusshiyam (rukun siyam). Kali ini akan dibahas mengenai Furudhusshiyam (rukun shiyam), dan Hukum Berbuka di Bulan Ramadhan. Selamat menyimak.

......

[+/-] Selengkapnya...

Kajian 4 Ramadan 1432 H; TAQWA

Allah berfirman,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ﴿١٠٢﴾
“Hai orang-orang beriman bertaqwalah kalian kepada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa.” (QS. Ali Imran: 102).
Allah berfirman,

......

[+/-] Selengkapnya...

Duh Kader2 Manja

Duh kader-kader manja, maunya selalu mendapat, tapi enggan memberi.  Maunya diperhatikan, tapi tak mau memperhatikan. Maunya dihargai, tapi tak mau menghargai.
Duh kader-kader manja, merasa paling dibutuhkan dalam dakwah hingga tinggi hati menyerang niat nan suci. Merasa paling berkontribusi tapi lupa diri, bahwa yang diperbuatnya tak begitu berarti.

......

[+/-] Selengkapnya...

Senin, 01 Agustus 2011

Fiqih Puasa (Prof. Yusuf Qardhawi)

PUASA DAN HIKMAHNYA

Pembagian Ibadah dalam Islam

Islam menjadikan penghambaan (ibadah) kepada Allah sebagai kewajiban pertama yang dituntut dari seorang muslim. Islam membagi ibadah menjadi beberapa bagian: Pertama, ibadah oleh seorang muslim dan membutuhkan aktivitas fisik (ibadah jasadiyah), misalnya shalat dan puasa. Kedua,Ibadah dengan mengeluarkan sebagian hartanya (ibadah maliyah), misalnya zakat dan sedekah. Ketiga, ibadah yang memerlukan harta dan kekuatan fisik, misalnya haji dan umrah. Keempat, ibadah yang tampak bentuk pelaksanaannya, misalnya shalat, zakat, dan haji. Kelima, ibadah dalam bentuk pengendalian dan penahanan diri, misalnya puasa.

......

[+/-] Selengkapnya...