Salam Kami

doa rabithah

doa rabithah

HADAPILAH...SHOUTUL HARAKAH

Senin, 04 April 2011

Siapa Bilang Aktivis Dakwah Ngga Boleh Jatuh Cinta

Penulis: Adriana

Ngomongin masalah cinta, memang tiada habisnya… dari ABG sampe kakek-nenek. Coba deh kamu tanya sama kakek atau nenek kamu tentang kata yang satu ini, pasti aura wajahnya berbinar seketika, mungkin mengingat masa mudanya yang telah lalu dan bercerita dengan semangat jiwa mudanya, tapi nggak usah jauh-jauh tanya ke nenek atau kakek deh, tanya aja ke orang tua kamu! Pasti langsung senyum ketika ditanya. Kenapa? Karena manusia hidupnya tidak jauh dengan cinta… karena setetes sifat-Nya telah diwariskan pada kita…Ar-Rahman & ar-rahiim yang identik dengan kecintaan.
Tulisan ini adalah pengalaman saya dengan beberapa teman, ngomong-ngomong masalah cinta di kalangan aktivis dakwah mungkin masih agak malu ya? (Hahaa…padahal diem-diem suka juga tuh ngomongin hayooo ngaku!). Aktivis dakwah dikenal sebagai orang yang katanya anti-pacaran (ya iyalah…kecuali setelah nikah)

......

[+/-] Selengkapnya...

Masa Kelam

Assalamualaikum wrwb.
Sob, mana ada sih orang yang tidak punya masa kelam? Sesingkat apapun, pasti pernah! Misalnya, kelam di rumah tangga, kelam di penghasilan, kelam di tampilan, kelam di pekerjaan, kelam di pergaulan, intinya... gelap! Sebagaimana Umar yang pernah mengubur anak perempuannya hidup-hidup di masa kelamnya, kita semua juga pasti pernah melakukan kesalahan-kesalahan atau justru menjadi korban kesalahan orang lain sehingga membuat hidup terasa kelam.

......

[+/-] Selengkapnya...

Ketika Iman Berkata Tidak

Assalamualaikum wrwb.
Sobat Nida, pernah nggak mendengar Iman berkata "tidak"? Maksud Nida... bukan Iman tetanggamu, atau Iman kenalanmu, atau Iman yang hobi senyum itu, melainkan iman yang ada dalam hati kita! Pernahkah mendengar imanmu berkata "tidak"?
Kalau memang belum pernah, bisa jadi ada dua kemungkinan looh: Pertama, kita memang tidak pernah melakukan sesuatu yang mengusik atau mengusir iman dari hati kita; kedua, hati kita sudah budek alias tuli! Naudzubillah...

......

[+/-] Selengkapnya...

Siklus

Assalamualaikum wrwb.
Sob, kerasa nggak sih kalau hidup ini penuh dengan siklus alias perputaran? Nggak ada yang statis, semuanya berganti: Siang jadi malam, atas jadi bawah, susah berganti senang, kemudian berulang kembali.
Seharusnya ketika kita telah menyadari bahwa hidup ini adalah siklus yang terus berulang, maka tidak ada lagi sikap berlebihan alias lebay. Saat senang, wuih senangnya bukan main, atau saat sedih, meratapnya kebangetan! Kan kita sudah tahu bahwa setelah senang nanti akan datang lagi kesedihan,  dan setelah sedih, akan hadir kembali kegembiraan. So, semua ditanggapi dengan wajar-wajar saja.

......

[+/-] Selengkapnya...

Menyalahkan Tuhan

Assalamualaikum wrwb.
Sob, apakah kita pernah lancang menyalahkan Tuhan atas apa yang terjadi pada diri kita? Kalau pernah, sudah jelas bahwa kita adalah hamba yang tidak tahu diri dan tidak sadar diri. Beneran…
Pasalnya, segala kebaikan yang terjadi pada diri kita adalah dari Allah, sedangkan keburukan yang menimpa diri kita adalah akibat perbuatan kita sendiri! Jadi, seharusnya kita instrospeksi terlebih dulu sebelum menyalahkan! Sangat tidak patut kita salahkan Tuhan atas kesalahan yang kita lakukan, ya kan?
Yang lebih berbahaya, dampak dari menyalahkan Tuhan ini akan meluas. Bukankah Allah mengikuti prasangka hamba-Nya? Ketika kita menuding-Nya dengan mengatakan, “Allah jahat sama aku! Selalu menimpakanku ujian berat nggak putus-putus!”
Yap, Allah akan mengabulkan prasangka tersebut. Kun fayakun! Jadilah kesulitan kita tak putus-putus. Nggak banget deh!
So, daripada menyalahkan Tuhan dan berprasangka buruk terhadap-Nya, lebih baik salahkan diri kita dan berprasangka buruk terhadap diri masing-masing! Jangan-jangan diri ini yang kita anggap saleh, ternyata salah!
Mudah-mudahan Allah menjauhkan kita dari kebodohan menyalahkan-Nya.
Wassalam

......

[+/-] Selengkapnya...

MEMBUNUH IMPIAN

Penulis : Alike Mulyadi
TANGANNYA menjinjing kotak semir, sambil mengusap peluh dikeningnya, dia datang menghampiriku dan menawarkan jasa semir sepatu;
"Om semir Om, 1.000 perak !",
Aku tersenyum melihatnya kala itu, sepatuku memang kulit tapi bahannya terbuat dari kulit no buck; yang jelas butuh semir khusus untuk merawatnya. Aku tak ingin membuat dia kecewa, aku suka dengan bocah yang rajin bekerja dan tentu saja aku prihatin dengan keadaannya saat itu;

......

[+/-] Selengkapnya...

Frustasimu

Pak Mario,
saya frustasi dan malas,
karena kenyataan tidak sesuai
dengan harapan.

Sebetulnya rasa frustrasimu
adalah kekesalan terhadap
ketidak-tegasan dirimu sendiri
untuk berlaku yang sesuai dengan harapanmu.

Apakah mungkin harapanmu
untuk menjadi orang yang damai,
mapan, dan terhormat itu
dapat kau capai dengan
memanjakan kemalasan
dan mendahulukan penundaan?

Pilih, engkau atau malasmu yang menang

......

[+/-] Selengkapnya...