Salam Kami

doa rabithah

doa rabithah

HADAPILAH...SHOUTUL HARAKAH

Rabu, 04 Januari 2012

Belajar Rendah Hati dari PAdi


"Pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang dengan ketinggian ilmu, wawasan dan jabatannya semakin merasa rendah hati, tetapi terus memberikan prestasi yang terbaik. Ia bagaikan pohon padi yang semakin lama semakin merunduk dengan memberikan buah padi yang terbaik."

Satu buIan semenjak ditanam, pohon padi mulai memperlihatkan kesuburan batang dan daunnya yang menghijau, enak dipandang mata, apalagi bila hektaran sawah ditanam secara bersamaan, akan terlihat hamparan sawah nan hijau.

......

[+/-] Selengkapnya...

Kritikan = Vitamin



"Bila kritikan dianggap sebagai peyakit maka ia akan betul-betul menjadi hal yang akan menyakitkan Anda. Tetapi apabila dianggap sebagai suplemen, maka ia akan menjadi rangsangan/pemicu untuk perbakan diri."

Kritik bagaikan vitamin. Semakin banyak kritik mendatangi kita berarti harus semakin dewasa sikap kita. Kritik adalah masukan tentang ketidakcocokan, ketidaktepatan, ketidakserasian dan ketidakselarasan antara apa yang kita perbuat dengan apa yang orang lain fahami tentang kita. Bagi seorang pemimpin, kritik ini bisa berpengaruh kuat terhadap tingkat kebijaksanaannya. Terimalah kritik itu sebagai suplemen yang dapat membantu menumbuhkan semangat memperbaiki diri. Bila kritik itu dirasa banyak benarnya segeralah kita mengevaluasi diri dan pemperbaikinya. Dan bila kritik tersebut cenderung banyak salahnya, hadapilah dengan sikap dan karya yang lebihbaik lagi.

......

[+/-] Selengkapnya...

Kesalahan Pola Hati


Semenjak saya menanam pepaya dan pohon kersen di depan rumah, banyak orang yang bertamu komentar tentang pepaya dan pohon kersen tersebut. Sembilan puluh sembilan persen orang yang datang kerumah, termasuk beberapa orang yang datang hari ini berkomentarnya dengan kesalahan pola hati.

Ketika mereka melihat pohon kersen misalnya selalu komentarnya, nanti banyak ulatnya dan itu menjijikkan serta menakutkan, hanya satu persen yang komentar nanti akan banyak kupu-kupu dan kalau menggunakan laptop dibawahnya dengan kekuatan wifi, bisa jelajah dunia dengan biaya murah dan sejuk banget udaranya, sambil menikmati buah kersen.

......

[+/-] Selengkapnya...

Menanam Kebaikan


Di tanah Persia, ada sebuah kerajaan yang sangat makmur. Wilayah kerajaan itu membentang dari barat ke timur dan dari utara ke selatan. Kehidupan rakyatnya yang mayoritas bertani hidup rukun dan tenteram. Sawah berkotak-kotak membujur sangat luas dengan pengairan teknis yang teratur. Kerajaan itu dipimpin oleh seorang raja yang arif dan bijaksana. Oleh karena itu, rakyat sangat mencintai sang raja. Pada suatu hari, seperti biasa, sang raja dan pe­ngawalnya sedang berjalan-jalan untuk meninjau ke­adaan rakyatnya. Ketika sampai di sebuah desa, sang raja melihat ada orang yang sudah tua sekali sedang menanam pohon buah-buahan. Dia dan pengawalnya pun berhenti. Lama sekali dia memperhatikan apa yang dilakukan orang tua itu. Dengan tangannya yang lemah, orang tua itu menggali tanah. Lalu, ditanamilah lubang-lubang itu.

......

[+/-] Selengkapnya...