Salam Kami

doa rabithah

doa rabithah

HADAPILAH...SHOUTUL HARAKAH

Rabu, 01 Juni 2011

Jangan Kalah Sama Duit 100 Ribu



Assalamu'alaikum.


Sob, coba bayangin kita semua sedang duduk manis di sebuah training motivasi, dengan Nida sebagai Trainer-nya. Hee...

Di awal training, Nida membuka sambil memegang uang pecahan 100 ribu, “Siapa yang mau uang ini?” Tampak banyak tangan diacungkan tanda berminat.

“Nida akan berikan uang ini kepada salah satu dari Sobat sekalian, tapi sebelumnya perkenankanlah Nida melakukan ini,” Nida pun  berdiri mendekati Sobat Nida semua. Uang itu Nida remas-remas sampai berlipat-lipat. Lalu bertanya lagi, “Siapa yang masih mau uang ini?” Jumlah tangan yang teracung masih tak berkurang.

“Baiklah,” jawab Nida, “Apa jadinya bila Nida melakukan ini?” ujar Nida lagi sambil menjatuhkan uang tersebut ke lantai dan menginjak-injaknya dengan sepatu. Meski masih utuh, kini uang itu jadi amat kotor dan tak mulus lagi.

“Nah, apakah sekarang masih ada yang berminat?” Tangan-tangan yang mengacung masih tetap banyak juga.

“Sobat Nida sekalian, kita baru saja mendapatkan sebuah pelajaran penting. Apa pun yang terjadi dengan uang ini, kita masih berminat, karena apa yang Nida lakukan tidak akan mengurangi nilainya. Biarpun lecek dan kotor, uang ini tetap bernilai 100 ribu.”

Dalam kehidupan ini, kita pernah beberapa kali terjatuh, terkoyak, dan berlepotan kotoran akibat keputusan yang kita buat dan situasi yang menerpa kita. Dalam kondisi seperti itu, kita merasa tak berharga, bahkan tak berarti. 

Padahal tiap orang memiliki nilai diri, yang ditentukan oleh karakter diri dan kontribusi manfaat yang diberikannya pada orang lain. Orang yang memiliki nilai diri tinggi sebagaimana uang pecahan 100 ribu (pecahan tertinggi di Indonesia), tetap saja akan berharga dan diperebutkan banyak orang.

Maka tugas masing-masing kita lah menambah nilai diri kita dengan akhlak yang baik tentunya. Agar apapun dan siapapun yang mengoyak-ngoyak kita, "menginjak-injak" kita, tetap tidak mampu mengubah nilai yang telah ada pada diri kita. Jangan mau kalah bernilai dari uang seratus ribuan!

Selamat menambah nilai diri hari ini, esok nanti, tanpa henti!

Wassalamualaikum.